Urgensi 2 Kalimah Syahadah – Abdul Qadir Al-Jilani

أَهَمِّيَّةُ الشَّهَادَتَيْنِ عِنْدَ الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ اَلْجِيْلَانِيْ

URGENSI DUA KALIMAH SYAHADAT MENURUT SYEKH ABDUL QADIR AL-JILANI

Syekh Abdul Qadir al-Jilani, atau al-Jailani, atau al-jili, atau al-Kailani (470 – 561 H / 1077 – 1166 M) adalah seorang tokoh yang sangat populer di sebagian besar kaum muslimin di Indonesia, bahkan di sebagian kaum muslimin dunia.

Bahkan, oleh salah seorang pengkaji kebangkitan Islam, beliau termasuk salah seorang yang mempunyai andil besar dalam mentarbiyah umat bagi kebangkitan Islam.

Kita mengenal tokoh-tokoh pejuang: ‘Imaduddin Zanki (478? – 541 H / 1085 – 1146 M), Nuruddin Mahmud Zanki (511 – 569 H  /1118 – 1174 M) dan Shalahuddin al-Ayyubi (532 – 589 H / 1138 – 1193 M). Mereka adalah tokoh-tokoh pejuang untuk pembebasan Al-Masjid Al-Aqsha dari tangan kaum salibis. Namun terkadang kita lupa, siapakah para ulama atau para murabbi hebat yang melahirkan generasi-generasi mereka, generasi yang mempunyai semangat untuk membebaskan Al-Masjid Al-Aqsha?

Salah satu dari para ulama dan murabbi hebat yang melahirkan generasi-generasi pembebas Al-Aqsha itu diantaranya adalah Syekh Abdul Qadir al-Jilani.

Dalam mentarbiyah umat, Syekh Abdul Qadir al-Jilani, diantaranya membahas tentang URGENSI DUA KALIMAT SYAHADAT, sebab, berbagai permasalah umat, pangkal masalah yang sebenarnya adalah di situ. Maka wajarlah bila Syekh Abdul Qadir al-Jilani, saat hendak memperbaiki kualitas umat, beliau juga membahas tentang dua kalimat syahadat ini.

Ada beberapa pelajaran beliau tentang URGENSI DUA KALIMAT SYAHADAT ini, diantaranya beliau menjelaskan:

  1. Bahwa, seseorang tidak boleh merasa cukup dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, sementara maksiat dan menyimpang dari jalan Allah SWT terus menerus dilakukan. sebab, iman itu bukan (sekedar) ucapan. Ia adalah ucapan dan perbuatan, agar keimanan itu diterima dan memberi manfaat.

Terkait dengan hal ini, Syekh Abdul Qadir berkata:

قَدْ قَنِعْتَ مِنْ طَاعَةِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ بِقَوْلِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ.

هَذَا لَا يَنْفَعُكَ حَتَّى تُضِيْفَ إِلَيْهِ شَيْئاً آخَرَ.

اَلْإِيْمَانُ قَوْلٌ وَعَمَلٌ، لَا يُقْبَلُ مِنْكَ، وَلَا يَنْفَعُكَ إِذَا أَتَيْتَ بِالْمَعَاصِيْ وَالزَّلَّاتِ وَمُخَالَفَةِ الْحَقِّ عَزَّ وَجَلَّ، وَأَصْرَرْتَ عَلَى ذَلِكَ، وَتَرَكْتَ الصَّلَاةَ، وَالصَّوْمَ، وَالصَّدَقَةَ، وَأَفْعَالَ الْخَيْرِ. فَأَيُّ شَيْءٍ يَنْفَعُكَ الشَّهَادَتَانِ؟!!

Engkau telah merasa puasa dalam hal aatan kepada Allah SWT (hanya) dengan mengucapkan: “La ilaha illaLlah, Muhammad Rasulullah”.

Ini (saja) tidak memberi manfaat kepadamu sehingga engkau menambahkannya dengan sesuatu yang lain.

Iman itu ucapan dan perbuatan. Ia tidak diterima darimu, ia tidak memberi manfaat kepadamu jika kamu mendatangi berbagai kemaksiatan, jika kamu banyak terpeleset, menyelisihi Allah SWT, dan tidak pernah berhenti darinya. Engkau (juga) meninggalkan shalat, puasa, sedekah dan perbuatan-perbuatan kebajikan. (kalau demikian), apa manfaat dua kalimat syahadat bagimu??!!

  1. Bahwa, seseorang tidak cukup hanya mengklaim bahwa ia beriman. Sebab, klaim apa saja diperlukan bukti konkrit dalam bentuk amal. Dan tidak sembarang amal, namun, amal yang memenuhi dua syarat, yaitu ikhlas dan sesuai dengan ajaran yang disampaikan Rasulullah SAW, agar diterima oleh Allah SWT.

Terkait hal ini, Syekh Abdul Qadir al-Jilani berkata:

إِذَا قُلْتَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ فَقَدِ ادَّعَيْتَ.

يُقَالُ: أَيُّهَا الْقَائِلُ، أَلَكَ بَيِّنَةٌ؟

مَا الْبَيِّنَةُ؟

اِمْتِثَالُ الْأَمْرِ، وَالاِنْتِهَاءُ عَنِ النَّهْيِ، وَالصَّبْرُ عَلَى الْآفَاتِ، وَالتَّسْلِيْمُ إِلَى الْقَدَرِ، هَذِهِ بَيِّنَةٌ. هَذِهِ الدَّعْوَى. وَإِذَا عَمِلْتَ هَذِهِ الْأَعْمَالَ مَا تُقْبَلُ مِنْكَ إِلَّا بِالْإِخْلَاصِ لِلْحَقِّ عَزَّ وَجَلَّ، وَلَا يُقْبَلُ قَوْلٌ بِلَا عَمَلٍ، وَلَا عَمَلٌ بِلَا إِخْلَاصٍ وَإِصَابَةِ السُّنَّةِ.

Jika engkau mengucapkan: “La ilaha illLlah”, maka engkau telah mengklaim.

Maka dikatakan: “Wahai orang yang mengklaim dengan ucapan?, adakah engkau mempunyai bukti-bukti?”.

Apa itu bukti-buktinya?

  • Melaksanakan perintah.
  • Berhenti dari larangan.
  • Bersabar atas musibah.
  • Pasrah kepada qadar.

Inilah bukti. Inilah klaim.

Dan jika engkau telah mengamalkan amal-amal ini, semuanya tidak diterima darimu kecuali dengan ikhlas kepada Allah SWT. dan suatu ucapan tidak diterima tanpa amal, dan amal tidak diterima kecuali dengan ikhlas dan tepat (sesuai) dengan sunnah Rasulullah SAW.

  1. Bahkan, menurut beliau, seseorang yang mengucapkan dua kalimat syahadat, ia bisa berbohong dalam kalimat syahadatnya ini, karenanya, Islam-nya belum benar. Asasnya belum tepat, sebab dua kalimat syahadat adalah asasul Islam (pondasi Islam). Dan jika pondasi tidak benar, tidak benar pula Islam-nya, na’udzu billah min dzalik.

Terkait dengan hal ini, syekh Abdul Qadir berkata:

يَا غُلَامُ، مَا أَنْتَ عَلَى شَيْءٍ، اَلْإِسْلَامُ مَا صَحَّ لَكَ، اَلْإِسْلَامُ هُوَ الْأَسَاسُ الَّذِيْ يُبْنَى عَلَيْهِ، اَلشَّهَادَةُ مَا تَمَّتْ لَكَ، تَقُوْلُ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَتَكْذِبُ. فِيْ قَلْبِكَ جَمَاعَةٌ مِنَ الْآلِهَةِ …

Wahai bocah.. kamu tidaklah berdiri di atas asas yang kokoh, Islam mu belum benar untukmu, Islam adalah asas yang diatasnya dibangun sesuatu, syadahat (dua kalimat syahadat) belum sempurna untukmu. Engkau mengucapkan: “La ilaha illaLlah” dan engkau berdusta, (sebab) di dalam hatimu ada sekumpulan “tuhan-tuhan” lain (selain Allah SWT).

Di tempat lain dari wejangan-wejangan tarbawi-nya, Syekh Abdul Qadir berkata:

مَا تَسْتَحِي أَنْ تَقُوْلَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَلَكَ أَلْفُ مَعْبُوْدٍ غَيْرَهَ؟؟!!

Tidakkah engkau malu, engkau mengucapkan: “La ilaha illaLlah” sementara engkau mempunyai seribu sembahan selain-Nya??!!

  1. Dua kalimat syahadat adalah kunci surga. Namun, agar kunci ini manjur, diperlukan تفاعل قلبي(interkasi qalbi) dengannya, yang diantaranya, diperlukan adanya fana’ (totalitas) dengan dua kalimah syahadat ini.

Terkait hal ini, Syekh Abdul Qadir al-Jilani berkata:

مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ قَوْلُ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ، اَلْيَوْمَ، وَغَداً، بِفَنَائِكَ عَنْكَ، وَعَنْ غَيْرِكَ، وَعَنْ كُلِّ مَا سِوَاهُ، مَعَ حِفْظِ حُدُوْدِ الشَّرْعِ.

Kunci surga adalah ucapan: “La ilaha illaLlah, Muhammad Rasulullah”, hari ini (sekarang) dan esok, disertai dengan fana’ (totalitas)-mu terhadap-Nya, darimu, dari selain dirimu, dan dari selain-Nya, namun tetap menjaga koridor syari’at.

Semoga bermanfaat, amin

Sumber:

Bahan dikutip dari kitab: الفتح الرباني والفيض الرحماني kitab kumpulan wejangan “tarbiyah” syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *