Thulaihah bin Khuwailid al-Asadiy RadhiyaLlahu ‘anhu

Siapakah sahabat nabi yang satu ini?

Adakah ia mempunyai hubungan kekeluargaan secara dekat dengan ummul mukminin Khadijah al-Kubro radhiyallahu ‘anha?

Apa saja pongkah dan tingkah serta kiprahnya dalam perjuangan Islam?

Bagaimana ceritanya sehingga bobotnya dinilai sama dengan 1000 penunggang kuda bahkan lebih?

Selamat menyimak, semoga bermanfaat, amin

Bagian-1

Nama dan Nasab

Dia adalah Thulaihah bin Khuwailid bin Naufal bin Nadhlah bin al-Asytar bin Hajwan bin Qaf’as bin Tharif bin ‘Amr bin Qu’ain bin al-Harits bin Dudan bin Asad bin Huzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar, al-Asadi al-Faq’asi.

Dia berasal dari Bani Asad, salah satu suku bangsa Arab, yang dinisbatkan kepada kakek moyangnya yang bernama Asad bin Huzaimah.

Suku ini berdiam di dataran tinggi Nejd, kawasan Riyadh; ibukota Saudi Arabia sekarang.

Yang perlu ditegaskan di sini adalah bahwa tidak ada kedekatan sama sekali antara Thulaihah bin Khuwailid ini dengan ummul mukminin Khadijah al-Kubro binti Khuwailid ra. Sebab, Thulaihah bin Khuwailid ini dari bani Asad yang mendiami kawasan Nejd. Sedangkan ummul mukminin Khadijah al-Kubro binti Khuwailid ra. dari Quraisy yang mendiami kota Makkah al-Mukarramah.

Hal ini perlu ditegaskan, sebab, khawatir disalah pahami, sebab memang ada semacam kemiripan-kemiripan dari sisi nasab.

Hal ini karena nasab ummul mukminin Khadijah al-Kubro ra. binti Khuwailid bin Asad bin Abdil ‘Uzza bin Qushoy al-Qurasyiyah dan juga al-Asadiyah. Namun, Asad yang tersebut dalam nasab ummul mukminin Khadijah binti Khuwailid ra. bukanlah Asad yang tersebut dalam nasab Thulaihah binti Khuwailid.

Jadi, kemiripan diantara keduanya (bukan sama, hanya mirip):

  1. Nama orang tua masing-masing, sama-sama Khuwailid.
  2. Diantara nama kakeknya ada yang bernama Asad.
  3. Sama-sama mempunyai nisbat al-Asadi(yah).

Perbedaannya sangat jauh:

  1. Khuwailid orang tuanya Thulaihah berdomisili di Najd, sedangkan Khuwailid orang tua ummul mukminin Khadijah al-Kubro ra. bertempat tinggal di Makkah. Jadi, ini ada dua sosok yang sangat-sangat berbeda.
  2. Asad; kakek moyang Thulaihah, adalah kakek yang sangat jauh (kakek ke-11), sedangkan Asad kakeknya ummul mukminin Khadijah al-Kubro ra. adalah kakek beliau langsung, dalam arti orang tua dari Khuwailid secara langsung, atau kakek ke-1 (pertama).

Penjelasan dan penegasan ini perlu dilakukan, satu sisi karena memang ada kemiripan (bukan kesamaan), dan dari sisi yang lain, memang pernah ada yang sempat salah faham, dikiranya Thulaihah bin Khuwailid ra. itu saudara kandung ummul mukminin Khadijah binti Khuwailid ra., padahal sangat-sangat jauh, hanya ada kemiripan saja.

Supaya lebih kelihatan nasab masing-masing, berikut saya lampirkan gambar nasabnya, semoga bermanfaat, amin.

Slide1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *