Rahasia Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Diantara Rahasia, Hikmah dan Maqashid Kewajiban Menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Aku sering merenungi rahasia tentang kewajiban berdakwah, berjuang dan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar bagi seorang muslim.

Setelah beberapa lama merenung, sepertinya, diantara hikmah, maqashid & rahasianya (wallahu a’lam) adalah:

  1. Agar seseorang yang bernama Abdul ‘Uzza bin Abdul Muththalib (meninggal pada 2 H / 624 M), atau orang-orang yang sepertinya, menjadi Abu Lahab.
  2. Agar seseorang yang bernama ‘Amr bin Hisyam bin al-Mughirah al-Makhzumi (meninggal pada 2 H / 624 M), yang oleh kaumnya di zamannya dijuluki Abul Hakam (bapak kebijaksanaan), agar ia dicap oleh Islam sebagai Abu Jahal (bapak kebodohan), dan ia pun meninggal sebagai Abu Jahal.

… لِيَقْضِيَ اللَّهُ أَمْرًا كَانَ مَفْعُولا لِيَهْلِكَ مَنْ هَلَكَ عَنْ بَيِّنَةٍ وَيَحْيَا مَنْ حَيَّ عَنْ بَيِّنَةٍ وَإِنَّ اللَّهَ لَسَمِيعٌ عَلِيمٌ (الأنفال: ٤٢)

… Agar Dia melakukan suatu urusan yang mesti dilaksanakan[618], Yaitu agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata (pula). Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. (Q.S. Al-Anfal: 42)

Oleh karena itu:

  1. Kita harus selalu berdo’a kepada Allah SWT agar diri ini senantiasa mendapatkan hidayah dan pertolongan dari-Nya untuk tetap konsisten menjadi hamba-Nya, konsisten dalam iman, Islam dan taqwa.
  2. Kita harus tetap dan terus berdakwah, berjuang dan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, jangan pernah mengendor, apalagi putus asa, betapapun aral merintang dan tantangan menghadang.

Dan untuk saudara-saudaraku seiman nun jauh di negeri seberang sana, yang sedang mengalami ujian, cobaan dan tribulasi yang berat, tetap tegar lah, insyaAllah keberadaan kalian adalah satu dari dua kemungkinan:

  1. Kalian sedang dijadikan “alat” oleh Allah SWT untuk “menutupi” rahasia qadha’ dan qadar-Nya. Mirip dan seperti yang diisyaratkan dalam firman-Nya:

قَاتِلُوهُمْ يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ بِأَيْدِيكُمْ وَيُخْزِهِمْ وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ . وَيُذْهِبْ غَيْظَ قُلُوبِهِمْ وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (التوبة: 14 – ١٥)

Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman. Dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin. dan Allah menerima taubat orang yang dikehendaki-Nya. Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. At-Taubah: 14 – 15)

  1. Atau, Allah SWT menghendaki kalian menjadi syuhada’ dalam perjuangan, sebagaimana firman-Nya:

… وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ … (آل عمران: ١٤٠)

… Dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada’ … (Q.S. Ali Imran: 140).

Selamat berdakwah, berjuang dan terus menegakkan amar ma’ruf nahi munkar wahai saudaraku! Dan jangan lupa, do’akan aku agar tetap istiqamah berada di barisan orang-orang yang terus berdakwah, berjuang dan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, amin.

5 Comments

  1. Ijin share ustadz

  2. Awal yang bagus untuk langkah barikutnya.

  3. جزاك الله خيرا شيخنا
    Ringan & renyah

  4. Ini bermanfa’at

  5. Jazakallah atas pencerahannya ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *