Kalimatmu Tidak Akan Sia-Sia

Dakwah

Allah SWT berfirman:

قَالَ رَجُلَانِ مِنَ الَّذِينَ يَخَافُونَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمَا ادْخُلُوا عَلَيْهِمُ الْبَابَ فَإِذَا دَخَلْتُمُوهُ فَإِنَّكُمْ غَالِبُونَ وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ [المائدة: 23]

Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi ni’mat atas keduanya : “Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman”. (Q.S. Al-Maidah: 23).

Ada istinbath menarik dari ayat ini, yang sebagiannya ditwittkan oleh DR. Abdullah Balqasim @dr_Balgasem sebagai berikut:

لَمْ يَكُنْ لِنُصْحِ الرَّجُلَيْنِ أَثَرٌ فِيْ قَوْمِهِمْ، وَلَكِنَّ النَّصِيْحَةَ الصَّادِقَةَ، اَلنَّصِيْحَةَ الْمُنْبَثِقَةَ مِنَ الْإِيْمَانِ الصَّادِقِ لَهَا وَقْعٌ عَظِيْمٌ عِنْدَ اللهِ، وَالدَّلِيْلُ عَلَى ذَلِكَ أَنَّ اللهَ خَلَّدَ ذِكْرَهُمَا بِهَا، مَعَ أَنَّنَا لَا نَعْرِفُ مَنْ هُمَا!!

فِلِذَلِكَ، تَيَقَّنْ – أَيُّهَا الْأَخُ الْكَرِيْمُ – أَنَّ كَلِمَاتِكَ لَنْ تَضِيْعَ أَبَدًا …

Nasehat yang diberikan oleh dua orang lelaki itu kepada kaumnya tidak diindahkan oleh mereka dan karenanya tidak memberi pengaruh apa-apa kepada mereka.

Namun, nasehat yang jujur, yang muncul dari keimanan yang benar, memiliki “kesan” yang agung di sisi Allah SWT, buktinya, Allah SWT mengabadikan penyebutan dua lelaki itu dikarenakan nasihatnya itu, padahal kita tidak mengenal siapa dua orang itu.

Oleh karena itu, yakinlah wahai saudaraku bahwa kalimat-kalimatmu tidaklah akan sia-sia selamanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *