Diantara Tugas Murabbi

Diantara Tugas Murabbi

مِنْ مَهَامِّ اَلْمُرَبِّىْ

Taujih

اَلتَّوْجِيْهُ

Apa itu Taujih? مَا هُوَ التَّوْجِيْهُ؟
Membimbing anggota dan menolongnya untuk mengerahkan jerih payah mereka dalam rangka meralisasikan tujuan-tujuan yang diharapkan اَلأَخْذُ بِيَدِ اْلأَفْرَادِ وَمُعَاوَنَتُهُمْ عَلَى بَذْلِ جُهْدِهِمْ لِتَحْقِيْقِ اْلأَهْدَافِ اَلْمَرْجُوَّةِ.
Dengan bahasa lain: nasihat yang berdiri atas qana’ah, bimbingan dan motivasi kepada anggota untuk beramal secara wajar dan dengan hati lega pada arah tertentu, atau untuk meninggalkan suatu amal pada arah tertentu pula وَبِتَعْبِيْرٍ آخَرَ : هُوَ اَلنَّصِيْحَةُ اَلَّتِيْ تُبْنَى عَلَى إِقْنَاعِ وَإِرْشَادِ وَحَثِّ اْلأَفْرَادِ عَلَى الْعَمَلِ بِصُوْرَةٍ طَبِيْعِيَّةٍ وَعَنْ طِيْبِ خَاطِرٍ فِي اتِّجَاهٍ مَا ، أَوْ عَلَى التَّرْكِ فِي اتِّجَاهٍ مَا.

Urgensi TAUJIH

أَهَمِّيَّةُ التَّوْجِيْهِ

1. Memberi andil dalam menyelesaikan berbagai tujuan yang telah direncanakan. 1-      يُسَاهِمُ فِيْ إِنْجَازِ اْلأَهْدَافِ اَلْمُخَطَّطَةِ
2. Menjauhkan anggota dari kesalahan terus menerus dan kebiasaan salah 2-      يُجَنِّبُ اْلأَفْرَادَ اِسْتِمْرَارَ اْلأَخْطَاءِ وَإِلْفَهَا
3. Menjauhkan organisasi dari banyak problem yang membuang-bunag waktu dan tenaga 3-      يُجَنِّبُ الْمَدْرَسَةَ كَثِيْرًا مِنَ الْمُشْكِلاَتِ اَلْمُضِيْعَةِ لِلْوَقْتِ وَالْجُهْدِ
4. Memberi andil dalam mentarbiyah para pemimpin dan orang-orang yang memiliki kafa-ah 4-      يُسَاهِمُ فِيْ تَرْبِيَةِ الْقِيَادَاتِ وَالْكَفَاءَاتِ
5. Menjauhkah anggota dari berbagai problem psikis atau organisasi yang dapat menyebabkan penggembosan atau berhenti dari beramal 5-      يُبَاعِدُ بَيْنَ اْلأَفْرَادِ وَبَيْنَ الْمُشْكِلاَتِ اَلنَّفْسِيَّةِ أَوِ الْمَدْرَسِيَّةِ اَلْمُثَبِّطَةِ وَالْمُقْعِدَةِ

Adab-Adab TAUJIH

آدَابُ التَّوْجِيْهِ

1. Hendaklah sang murabbi menjadi qudwah dalam taujih yang diberikannya kepada orang lain 1-      أَنْ يَكُوْنَ الْمُرَبِّي قُدْوَةً فِيْمَا يُوَجِّهُ إِلَيْهِ غَيْرَهُ
2. Taujih hendaklah didahului oleh cinta timbal balik (antara murabbi dan mutarabbi) 2-      أَنْ يَسْبِقَ التَّوْجِيْهَ حُبٌّ مُتَبَادِلٌ
3. Lembut kepada yang diberi taujih 3-      اَلرِّفْقُ بِمَنْ يُوَجَّهُ
4. Nasihat hendaklah diberikan dengan bahasa tidak langsung, semisal: “Ada kasus …”, sedangkan keadaan-keadaan khusus di-‘ilaj secara tersendiri 4-      أَنْ يُوَجِّهَ اَلنُّصْحَ عَلَى صُوْرَةِ “مَا بَالُ أَقْوَامٍ….” وَالْحَالاَتُ اَلْخَاصَّةُ تُعَالَجُ عَلَى اِنْفِرَادٍ.
5. Tawadhu’ dan bukannya dengan gaya: “Eh, dengerin apa yang gue omongin nih …” 5-      اَلتَّوَاضُعُ، وَلَيْسَ “اِسْمَعُوْا اَللِّي بِقُوْلَكُمْ عَلَيْهِ…….”
6. Sabar 6-      اَلصَّبْرُ
7. Jelas 7-      اَلْوُضُوْحُ
8. Simpel 8-      اَلْبَسَاطَةُ
9. Berlapang dada untuk memperdengarkan 9-      إِفْسَاحُ الصَّدْرِ لِلإِسْمَاعِ
10. Mempergunakan kosa kata: “kita” sebagai pengganti kamu 10-  اِتِّبَاعُ صِيْغَةِ “نَحْنُ” بَدَلاً مِنْ “أَنْتَ”
11. Tidak terburu-buru menyuguhkan solusi saat memberi nasihat 11-  لاَ تَتَعَجَّلْ بِتَقْدِيْمِ الْحَلِّ عِنْدَ النُّصْحِ
12. Bersemangat untuk mengambil respon mutarabbi 12-  اَلْحِرْصُ عَلَى اِسْتِجَابَةِ الْمُتَرَبِّيْ
13. Rabbani dalam arti tidak ada jatah (bagian) “pribadi” dalam taujih 13-  رَبَّانِيَّةُ التَّوْجِيْهِ، فَلاَ حَظَّ لِلنَّفْسِ فِيْهِ
14. Memperhatikan dan menekuni materi taujih 14-  اَلإِلْمَامُ بِمَادَّةِ التَّوْجِيْهِ
15. Mencarikan alasan 15-  اِلْتِمَاسُ الْعُذْرِ
Diantara Adab TAUJIH Tarbawi yang Disampaikan Secara Langsung مِنْ آدَابِ التَّوْجِيْهِ اَلتَّرْبَوِيِّ اَلْمُبَاشِرِ
Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata: “Dahulu saya adalah anak kecil asuhan Rasulullah SAW, dan jika makan, tanganku nggerayang ke mana saja dari piring makanan, maka beliau SAW bersabda kepadaku: ‘Hai sayang! Bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kanan, dan makanlah dari yang terdekat denganmu'” عنْ عُمَرَ بْنِ أَبِي سَلَمَةَ؛ قَالَ: كُنْتُ غُلاَماً فِي حِجْرِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم. وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ. فَقَالَ لِي : ( يَاغُلاَمُ! سَمِّ اللهَ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ، وَكُلْ مِمَّا يَلِيك)

Pelajaran

اَلْمُسْتَفَادُ

1. Kemestian adanya kesatuan psikologis antara guru dan murid. Dalam hal ini Rasulullah SAW makan bersamanya 1-     ضَرُوْرَةُ الاِمْتِزَاجِ اَلنَّفْسِيِّ بَيْنَ الْمُعَلِّمِ وَالْمُتَعَلِّمِ ( فَالرَّسُوْلُ كَانَ يَأْكُلُ مَعَهُ)
2. Memilih waktu yang tepat untuk meng-‘ilaj kesalahan. Dalam hal ini Rasulullah SAW memberikan taujih saat Umar mengulangi kesalahannya. 2-     اِخْتِيَارُ التَّوْقِيْتِ اَلْمُنَاسِبِ لِمُعَالَجَةِ الْخَطَأِ (فَالرَّسُوْلُ وَجَّهَ عِنْدَمَا كَانَ عُمَرُ مُسْتَمِرًّا فِيْ خَطَئِهِ )
3. Memanggil dengan nama yang paling dicintai. Panggilan: “Hai sayang”! 3-     اَلْمُنَادَاةُ بِأَحَبِّ اْلأَسْمَاءِ وَصِيَغِ النِّدَاءِ (يَا غُلاَمُ)
4. Mempergunakan urutan tematis dalam meng-‘ilaj kesalahan. Dalam hal ini Rasulullah SAW tidak hanya meng-‘ilaj tangan Umar bin Abi Salaman yang nggerayang ke mana-mana itu saja, akan tetapi, beliau SAW melakukan pelurusan secara mendasar, yaitu saat Umar bin Abi Salamah duduk untuk makan: “Hai sayang! Bacalah bismillah…, oleh karena itu, berbagai problem hendaklah di-‘ilaj dari dasarnya dan dengan berangsur-angsur 4-     اِسْتِخْدَامُ التَّرْتِيْبِ اَلْمَوْضُوْعِيِّ لِمُعَالَجَةِ الْخَطَأِ ( فَالرَّسُوْلُ لَمْ يُعَالِجْ طَيْشَانَ يَدِ أَبِيْ سَلَمَةَ بِاْلإِنَاءِ فَقَطْ ، وَإِنَّمَا أَرَادَ أَنْ يَشْتَمِلَ التَّصْحِيْحُ عَلَى الْبِدَايَةِ، وَهِيَ اَلْجُلُوْسُ لِلأَكْلِ( يَا غُلاَمُ! سَمِّ اللهَ..)، وَلِذَلِكَ يَجِبُ مُعَالَجَةُ الْمُشْكِلاَتِ مِنْ أَسَاسِهَا وَبِتَدَرُّجٍ
5. Mengaitkan seseorang dengan Allah SWT. Dalam hal ini Rasulullah SAW mengaitkan Umar dengan Penciptanya saat memulai makan dengan ucapan bismillah 5-     رَبْطُ الْفَرْدِ بِاللهِ ، فَالرَّسُوْلُ رَبَطَ الْغُلاَمَ بِخَالِقِهِ عِنْدَ ابْتِدَاءِ اْلأَكْلِ “سَمِّ اللهَ”

Kaidah-Kaidah TAUJIH

قَوَاعِدُ حَاكِمَةٌ لِلتَّوْجِيْهِ

1. Pada asalnya interaksi dengan orang yang salah itu menggunakan cara merangkul dan bukan membuang, sebab kita ingin membangun dan bukan menghancurkan 1-      اَلأَصْلُ فِي التَّعَامُلِ مَعَ الْمُقَصِّرِيْنَ هُوَ اَلاِحْتِوَاءُ، لاَ التَّصْفِيَةُ، لأَنَّنَا نَبْنِيْ وَلاَ نَهْدِمُ
2. Pada asalanya interaksi dengan orang yang salah itu dengan memberikan ‘ilaj, bukan melukai 2-      اَلأَصْلُ فِي التَّعَامُلِ مَعَ الْمُقَصِّرِيْنَ هُوَ اَلْمُعَالَجَةُ لاَ التَّجْرِيْحُ
3. Jangan lupakan kebaikan masa lalu dan perjuangannya 3-      لاَ تَنْسَ اَلسَّابِقَةَ وَحُسْنَ الْبَلاَءِ
4. Husnuzhan terhadap kemampuan orang yang kita beri taujih 4-      إِحْسَانُ الظَّنِّ بِقُدْرَةِ مَنْ نُوَجِّهُهُ
5. Jangan perlakukan siapapun sebagai orang yang salah selamanya: “kamu ini selalu salah…”, “Jangan datang ke tempat acara lagi…”, “Jangan datang tepat waktu sejak aku mengenalmu…”. 5-      لاَ تُعَامِلْ أَحَدًا مُعَامَلَةَ الْمُقَصِّرِ أَبَدًا “دَائِمًا مُقَصِّرِ…….”، “لاَ تَأْتِ مَحْضَرًا أَبَدًا…….”، ” لاَ تَأْتِ فِي الْمَوْعِدِ مِنْ يَوْمِ أَنْ عَرَفْتُكَ…..”
6. Kreatif dalam mempergunakan sarana 6-      اِبْتِكَارٌ فِي الْوَسَائِلِ
7. Murabbi mengaku salah saat terjadi dan jangan mendebat 7-      اِعْتِرَافُ الْمُرَبِّيْ بِخَطَئِهِ عِنْدَ حُدُوْثِهِ وَلاَ يُجَادِلُ

Berbagai Perilaku yang Kontradiktif dengan TAUJIH yang Benar

سُلُوْكِيَّاتٌ تَتَنَافَى مَعَ التَّوْجِيْهِ اَلصَّحِيْحِ

1. Mempermalukan yang datang terlambat saat ia memasuki ruangan 1-      إِحْرَاجُ الْمُتَأَخِّرِ عَنْ مَوْعِدِهِ لَحْظَةَ دُخُوْلِهِ
2. Menunda dan memandang remeh dalam berinteraksi dengan berbagai problem 2-      اَلتَّرَاخِيْ وَالتَّهَاوُنُ فِي التَّعَامُلِ مَعَ الْمُشْكِلاَتِ
3. Membombardir yang salah tanpa mendengarkan alasannya 3-      تَقْرِيْعُ الْمُقَصِّرِ دُوْنَ سَمَاعِ حُجَّتِهِ
4. Selalu mengedepankan cara pemecatan dan ketegasan 4-      اِنْتِهَاجُ أُسْلُوْبِ الْفَصْلِ وَالْحَسْمِ دَائِمًا
5. Murabbi mendominasi perbincangan 5-      اِسْتِئْثَارُ الْمُرَبِّيِ بِالْحَدِيْثِ
6. Mempergunakan cara-cara interogrator 6-      اَللُّجُوْءُ لأُسْلُوْبِ الاِسْتِدْرَاجِ ( اَلأُسْلُوْبُ اَلْمَبَاحِثِيُّ)
7-      عَدَمُ نِسْيَانِ الْخَطَأِ مِنَ الْمُقَصِّرِ

Kaidah Penting dalam Menjadikan Hukuman Sebagai Cara Taqwim

قَوَاعِدُ هَامَّةٌ لاِتِّخَاذِ الْعِقَابِ وَسِيْلَةً لِلتَّقْوِيْمِ

1. ‘Iqab tidak dipergunakan kecuali saat kesalahan berulang 1-      لاَ يُوْقَعُ إِلاَّ فِيْ حَالَةِ حُدُوْثِ اْلأَخْطَاءِ اَلْمُتَكَرِّرَةِ
2. Janganlah seseorang merasa bahwa murabbi membalas dendam kepadanya, namun, mutarabbi merasa dibimbing 2-      أَنْ لاَ يَسْتَشْعِرَ اَلْفَرْدُ أَنَّ الْمُعَلِّمَ يَنْتَقِمُ مِنْهُ، بَلْ يُرِيْدُ اْلأَخْذَ بِيَدِهِ
3. Ta’zir (hukuman) hendaklah sesuai dengan ukuran kesalahan 3-      أَنْ يَتَنَاسَبَ اَلتَّعْزِيْرُ مَعَ حَجْمِ الْخَطَأِ
4. Ta’zir atas kesalahan hendaklah berupa sesuatu yang mungkin dilaksanakan 4-      أَنْ يَكُوْنَ التَّعْزِيْرُ عَلَى التَّقْصِيْرِ فِيْ أَمْرٍ كَانَ مُسْتَطَاعًا
5. Wajib ada upaya pelurusan terhadap kesalahan sebelum ta’zir 5-      يَجِبُ تَصْحِيْحُ الْخَطَأِ قَبْلَ التَّعْزِيْرِ
6. Menghindari cara mengancam akan memberikan ta’zir yang sulit terlaksana 6-      تَجَنُّبُ التَّهْدِيْدِ بِالتَّعْزِيْرَاتِ اَلصَّعْبَةِ التَّنْفِيْذِ
7. Tidak ada syura dalam ta’zir 7-      لاَ شُوْرَى فِي التَّعْزِيْرِ
8. Antara satu orang dengan yang lainnya ada perbedaan dalam ta’zir 8-      اَلأَفْرَادُ يَتَفَاوَتُوْنَ فِيْ أُسْلُوْبِ التَّعْزِيْرِ
9. Tidak terburu-buru dalam menurunkan hukuman 9-      عَدَمُ التَّسَرُّعِ فِيْ إِنْزَالِ الْعُقُوْبَةِ
10. Melupakan kesalahan-kesalahan terdahulu 10-  نِسْيَانُ اْلأَخْطَاءِ اَلسَّابِقَةِ
11. Setelah di-‘iqab, janganlah seseorang diingatkan kepada kesalahannya 11-  لاَ يُذَكَّرُ الْفَرْدُ بِخَطَئِهِ بَعْدَ الْعِقَابِ
12. Ta’zir tidak mengikuti hawa nafsu, akan tetapi mengikuti maslahat 12-  لاَ يَخْضَعُ التَّعْزِيْرُ لِلْهَوَى، بَلْ لِلْمَصْلَحَةِ
13. Menghindari ta’zir saat marah, dan jangan cemberut dihadapan seseorang yang di-ta’zir 13-  تَجَنُّبُ التَّعْزِيْرِ فِيْ حَالَةِ الْغَضَبِ، وَعَدَمُ الْعُبُوْسِ فِيْ وَجْهِ الْفَرْدِ اَلْمُعَزَّرِ
14. Menjelaskan posisi secara utuh setelah penjatuhan ‘iqab supaya rasa cinta tidak sirna 14-  تَوْضِيْحُ الْمَوْقِفِ كَامِلاً بَعْدَ الْعِقَابِ حَتَّى لاَ تَذْهَبُ اَلْمَوَدَّةُ
15. Tidak menunda ta’zir 15-  أَنْ لاَ يَتَأَخَّرَ اَلتَّعْزِيْرُ
16. Hendaklah ta’zir tidak terlalu keras 16-  أَنْ لاَ يَكُوْنَ التَّعْزِيْرُ قَاسِيًا
17. Janganlah seorang guru menghukum seseorang di hadapan orang-orang yang yang dibawah level terhukum, kecuali darurat 17-  أَنْ لاَ يُعَاقِبَ اَلْمُعَلِّمُ أَمَامَ مَنْ هُمْ دُوْنَهُ إِلاَّ لِضَرُوْرَةٍ
18. Jika hukuman dilakukan di depan publik, demikian pula dengan pemberian ganjaran 18-  إِذَا كَانَ الْعِقَابُ أَمَامَ جَمَاعَةٍ فَكَذَلِكَ يَكُوْنُ الثَّوَابُ بَعْدَ ذَلِكَ

Bentuk TA’ZIR

مِنْ صُوَرِ التَّعْزِيْرِ

1. Pandangan kemarahan 1-      اَلنَّظْرَةُ اَلْغَاضِبَةُ
2. Lupa (tidak perhatian) dengan sengaja 2-      اَلإِهْمَالُ اَلْمُتَعَمِّدُ
3. Isyarat 3-      اَلإِشَارَةُ
4. Meninggalkan kebiasaan mesra yang sudah dikenal 4-      تَرْكُ أُسْلُوْبِ الْوُدِّ اَلْمَأْلُوْفِ
5. Menyindir 5-      اَلتَّعْرِيْضُ
6. Berbicara terus terang 6-      اَلتَّصْرِيْحُ
7. Denda (materi) 7-      اَلْغَرَامَةُ اَلْمَالِيَةُ
8. Berjalan dalam jarak tertentu 8-      اَلْمَشْيُ لِمَسَافَةٍ مُعَيَّنَةٍ

One Comment

  1. عَدَمُ نِسْيَانِ الْخَطَأِ مِنَ الْمُقَصِّرِ kalo ini opo artine kyai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *