Berikanlah Permaafan!

Anneh prilaku sebagian kaum muslimin!!

Betapa tidak, di hari-hari ini, di sepuluh malam terakhir Ramadhan, sambil berdiri shalat dan sambil sujud mereka berucap: Allahumma innaka ‘afuwwun, tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni, yang sebagian maknanya adalah: ya Allah, sesunggunya Engkau Dzat yang Maha Pemaaf, mencintai sifat pemaaf, oleh karena itu, maafkanlah diriku.

Bagaimana hal ini tidak anneh, lha dia sendiri tidak mau memaafkan sesame, tidak mau memaafkan kerabatnya, tidak mau memaafkannya anak kadangnya dan tidak mau memaafkan saudaranya sesame orang Islam.

Tidak kah dia malu kepada Allah SWT saat dia meminta maaf dan pengampunan dari-Nya, sementara dia sendiri tidak mau memaafkan sesama hamba Allah?!!

Oleh karena itu, berikanlah permaafan wahai hamba Allah, semoga, dengan engkau memberi maaf, Allah SWT berkenan memberi maaf kepadamua.

Ingat lah bahwa Allah SWT telah memerintahkan dirimu untuk memberi maaf, yaitu dalam firman-Nya:

… وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ … (النور: 22).

Dan hendaklah mereka mema’afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. An-Nur: 22).

————–

Itu adalah makna dari pesan Syekh Su’ud Asy-Syuraim, salah seorang imam al-Masjidil Haram yang saya tangkap dan saya pahami.

Pesan ini menurutku sangat mendalam. Sebab pesan ini bertepatan momentumnya dengan banyak peristiwa di dunia Islam, terutama di Timur Tengah.

Semoga pesan beliau menemukan hati yang meresponnya, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *